Belahan Jiwa
lembut belaian kasihmu takkan terganti
tak ada yang bisa sepertimu
aku di sini sendiri berteman sepi
meski terpisah jarak kau dan aku
hanya bayangmu yang menemani
derap langkah perjuanganku

kaulah belahan jiwaku
kaulah curahan hatiku
kaulah lentera hidupku
dan kaulah bidadariku

(Mutiara Hati feat D.O.T Band)
* * * * *
"...Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui..."
(QS an-Nur :32)
"In Yakuunuu Fuqaraa-a, yughnihimullahuhu min fadhlihi", demikian bunyi janji itu. Dan Jika Allah Yang Berjanji, Maka Allah akan Menepati. Innalaha yukhliful mii'aad.

Apa yang membuat kita (ikhwan) ragu-ragu untuk melangkah menyempurnakan separuh agama ini? Sebagian besar menjawab materi sebagai alasannya. Begitu juga yang pernah saya rasakan tempo lalu. Sulit untuk bisa membawa keyakinan akan ayat tadi ke tataran praktis, padahal begitu banyak cerita menakjubkan yang saya dengar tentang pernikahan. Kini, meski masih belum ada ijab-qabul. Saya mengalami apa-apa yang belum pernah saya alami, merasakan apa-apa yang belum pernah saya rasakan, memikirkan apa-apa yang belum pernah saya pikirkan, merenungkan apa-apa yang belum pernah terlintas untuk saya renungkan. Pernikahan adalah salah satu perjanjian kuat (Mitsaqan Ghalidza) dihadapan Allah yang tercantum dalam al-Qur’anul Kariim, dan perlu diketahui, hanya tiga kali al-Qur’an menyebut perkara yang termasuk Mitsaqan Ghalidza, salah satunya adalah pernikahan, dua perkara yang lain tentang Tauhid. Subhanallah…

"Wallahu wasi'un 'aliim", Dan Allah Maha Luas Pemberiannya, begitu bunyi penutup ayat diatas. Begitu luasnya pemberian Allah, sehingga kurs materi tidak akan pernah bisa membelinya. Seorang pendamping hidup adalah pemberian-Nya. Begitu pula semua yang menyertai bidadari itu. Dan jikalau kita ingin meminta... Minta keberkahan-lah yang datang bersama belahan jiwa yang kita pilih itu, karena tampilan shalihah, apalagi sekedar cantik rupawan, takkan pernah cukup untuk memberikan kekuatan agar lentera cita-cita mulia sebuah rumah tangga tetap menyala. Karenanya, semampu kita... pilihlah seorang pasangan hidup dengan ukuran keberkahan, apalagi bila keluarga yang akan kita bangun adalah keluarga Pejuang (tentunya pejuang Syariah dan Khilafah), bukan keluarga Pencari Uang, maka ukuran keberkahan teramat sangat diutamakan. Silahkan tengok lagi kisah pernikahan Amirul Mukminin ‘Ali bin Abi Thalib ra dengan Sayyidah Fatimah ra, pernikahan yang tidak perlu dipertanyakan lagi keberkahannya. Bisa dikatakan, wanita shalihah belum tentu berkah, tapi wanita berkah pasti shalihah.

Rasulullah Muhammad SAW mengisyaratkan benar pintu-pintu keberkahan itu jangan sampai ditutup oleh keserakahan parameter yang lain.
"Jika ada orang yang kalian ridhai agamanya dan akhlaknya meminang puteri kalian, maka nikahkanlah ia, jika kalian tidak melakukannya, maka fitnah di bumi dan kerusakan besar akan terjadi".
(HR. Imam at-Tirmidzi)
"Di antara kebaikan wanita ialah memudahkan maharnya".
"Pernikahan yang paling besar keberkahannya ialah yang paling mudah maharnya".
(HR. Imam Ahmad)
"Sebaik-baik pernikahan ialah yang paling mudah".
(HR. Imam Abu Dawud)
Denyut keberkahan seorang wanita ...
Itulah yang mesti kita telisik di dada ketika cinta menyapa ...
Ada beda yang akan kita rasa, tentang dia ...
Beda itu akan menguatkan azzam kita ...
Menjaga kita tetap dalam logika keimanan ketika menilai harta dan rupa ...

Sobat Mutiara Hati yang dimuliakan Allah... Janji Allah itu pasti, oleh karena itu niatkan keberkahan hadir di setiap keputusan hidup kita, termasuk keputusan memilih dan menemani seseorang dalam jalan perjuangan Izzatul Islam wal Muslimin bisy Syariah wal Khilafah ‘ala minhajin nubuwwah dan serta menuju pertemuan indah dengan-Nya. Allahu Akbar…
0 Responses

Posting Komentar

  • Berlangganan

    Sahabat yang ingin mutiara-mutiara ini langsung terkirim ke Email Sahabat, silahkan masukkan Email disini:

    Kacamata Dunia

    free counters